Hidup ini seperti mutiara yang terbentuk dari air mata dari tahun ke tahun.. Sangat berharga. Bagaimanakah hidup Kita saat ini…?

Sudahkah Kita menyesali kesalahan yang telah lalu…?

Sudahkah kita senantiasa menyempurnakan sholat dihadapanNya…?

Sudahkah kita membaca Al-qur'an hari ini…?

Yakinkah jika amal-amal Kita saat ini sudah cukup untuk bekal di akherat nanti…?

Sudah kita bersyukur hari ini…?
Ingatkah kita pada mereka disana yang sedang mengharap uluran tangan ini…?

Semua jawaban ada dihati kita masing-masing

Berubahlah kita mulai detik ini.. sebelum nafas hanya tinggal sehasta saja.. dan tak banyak yang dapat kita lakukan



Senin, 24 Januari 2011

::.. Cinta Tak bersyarat ..::

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, orang yang berkasih sayang akan dikasihi Ar-Rahman. Karena itu berkasih sayanglah kepada sesama di muka bumi, niscaya kamu akan dikasihi mereka yang di langit (Riwayat Bukhari).

Bismillah…..

Hari ini sebuah tema baru dibahas… ya tentang "cinta tak bersyarat" wah pasti begitu banyak statement bagi pembaca tentunya….Sebenarnya cinta tanpa syarat hanyalah milik Alloh SWT. Kok bisa ??? iyalah pastinya…..

Betapa besarnya bentuk cinta Allah swt kepada manusia, segala apa yang diciptakanNya di dunia ini semuanya memberikan manfaat tanpa ada yang sia-sia. Kecintaan Allah SWT semuanya demi kepentingan kehidupan, tanpa mengharapkan balasan sedikitpun dari manusia. Begitulah cinta Allah SWT, yang tidak dilandasi oleh imbalan, karena meskipun tanpa cinta atau balasan dari manusia, bahkan ibadah manusia, Allah SWT tetap maha Besar, maha Kuasa, maha Agung, dan maha Penguasa. Jangan pernah berpikir bahwa apa yang diperintahkanNya dan apa yang menjadi laranganNya – yang semuanya harus dijalankan itu – adalah bentuk pamrih Allah SWT atas nikmat dan cintanya. Hal mendasar yang patut kita sadari bahwa apa yang diinginkan Allah SWT untuk manusia jalankan semuanya merupakan hal-hal positif yang memberikan manfaat bagi manusia. Begitupula segala larangan yang Dia perintahkan untuk dijauhi, adalah hal-hal yang mendatangkan keburukan dan ketidakseimbangan.


Setiap manusia diciptakan oleh Ar-Rahman (Dzat Yang Maha Pemberi Rahmat) melalui rahim seorang ibu dengan fitrah membutuhkan perasaan cinta n sayang. Yaitu, mencintai sekaligus dicintai. Hanya dengan memenuhi fitrah ini manusia akan mendapatkan kebahagiaan karena hidupnya berarti.

Lalu bagaimana bentuk cinta tak bersyarat bagi manusia ?

Memiliki cinta tanpa syarat adalah sesuatu yang tidak mudah untuk kita sadari, tetapi itulah cinta yang sesungguhnya. Begitu kita menyadarinya, segala sesuatunya akan menjadi sangat indah.  Biarpun kesadaran itu sudah lama dinanti dan lama ditunggu, kesadaran itu pasti akan datang dengan sendirinya. Entah kapan datangnya kita tidak pernah tahu. Tetaplah percaya bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi kita semua. Dan bila sudah mendapatkannya, tolong, ya, jangan dipungkiri lagi.  Biarkan semua itu mengalir apa adanya.

Jika manusia didunia ini mengagungkan sebuah cinta dalam sebuah hubungan, tetapi tidak mau memberi ( memberi waktu, tenaga, pikiran, perhatian ) adalah kesia-siaan. Ketika seseorang telah mengambil komitmen tuk memilih pasangan menjadi pendamping hidup kala susah maupun senang ,mencintai dengan hati dan bathinnya bukan dengan mata,..sekarang hingga nanti ajal menjemputnya maka ketika pasangan tengah menghadapi cobaan yang terberat dalam hidupnya sekalipun akankah ia akan tetap setia mendampingi ataukah akan pergi meninggalkannya???  Disinilah arti dari sebuah cinta tulus diuji…. Ya ketulusan cinta yang tak bersyarat .

Bahwa cinta pada awalnya selalu bersyarat, kemudian seiring berjalannya waktu, cinta bersyarat tersebut bisa bertransformasi menuju cinta tak bersyarat. Jadi sekarang, tergantung pada kita masing-masing, apakah sudah cukup puas dengan cinta bersyarat, atau mau mentransformasikannya menjadi tak peduli syarat. Atau jangan-jangan anda sudah beruntung karena telah mendapatkan cinta yang sederhana tapi tak mengharapkan sebuah syarat apapun.

Kecintaan kepada Allah dapat juga kita wujudkan melalui kecintaan kita kepada sesama manusia, jika kita melandasi cinta kita dengan mengharapkan ridha Allah. Mendapatkan cinta Allah merupakan tujuan hidup utama yang harus digapai. Kita layak menyandangnya jika kita menpunyai tujuan hidup mencintai dan dekat dengan Allah dan menjalankan Islam secara utuh menyeluruh. Pada akhirnya, bertawakallah kepada Allah, serahkan semua urusan kepadaNya, ridhalah dengan ketentuanNya, berlindunglah kepadaNya, bersandarlah kepadaNya dan cintalah kepadaNya selalu, karena Dia akan memberi kecukupan, dan akan mempermudah dari segala hal di dunia dan kelak di akhirat.

Cintailah apa yang telah kau miliki dg sepenuh hati… jangan kecewakan terlebih dg sebuah penghianatan… cinta itu suci jadi jangan nodai kesuciannya… cinta itu adalah anugrah n tidak semua orang bisa merasakan apa arti itu cinta… Cintailah cinta tanpa syarat…. Karena pada dasarnya Alloh menciptakan CINTA TAK BERSYARAT

::..  Cinta Tak Bersyarat   ..::

Ketika seseorang dipertemukan atas kehendakNya…
Saling mengenal tanpa rencana,….
Mencintai n dicintai bahkan tak terfikir sebelumnya…
Itu semua diluar rencana dikehidupannya….
Mengeruak diselah-selah fikirannya…

Ketika ketulusan itu ada tanpa noda…
Cinta bukan sebuah kata..
Terlalu mudah diucapkan namun tiada artinya…
Sayang bukanlah sekedar puisi….
Adalah pengorbanan tanpa diminta…

Jika hati tlah bertaut….
Keindahan hadir dengan sempurna…
Itulah cinta sejati….
Yang senantiasa memberi tanpa meminta kembali…
Yang tulus ikhlas mencintai…
Tanpa syarat yang ingin dicapai…
Cinta suci tulus itu Pemberian Tuhan...
Maka janganlah menyesal, benci dan kecewa ketika Cintamu dikhianati…

Karena Tuhan yang Maha Penyayang akan menganti….
Cinta yang semu, penuh kepalsuan..
Dengan Cinta sejati...
Karena Cinta, dunia menjadi penuh warna..

1 komentar:

jay pratama mengatakan...

Semakin difikirkan semakin rumit dan yang difikirkan benar tidak selalu benar, analisa ngarol ngidul tak kunjung selesai membuat semuanya tampat sangat rumit. Hidup Indah yang didambakan semakin pudar dengan terlalu banyak urusan yang tidak perlu. Semua ada waktunya, langkahpun ada hitungannya sehingga menghasilkan irama perjalanan yang harmonis.. Dorongan Ego selalu menekan dan memaksa, lupa akan tubuh yang semakin rentan..sebenarnya sudah berteriak… STOPPP….

Akhirnya sampai pada sebuah titik berhenti sejenak, menghentikan semua lamunan, khayalan, angan-angan yang membuat pusing kepala. Hidup untuk mencari kebahagiaan dan bahagia itu sebenarnya sangat dekat…hanya sering dicari ditempat yang sangat sulit dan sangat jauh…Kebahagiaan selalu ada bersama waktu, langkah dan nafas..tinggal Nikmati saja apa adanya…